Tips Menanam Bibit Leci Hingga Berbuah

Leci merupakan jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis dan juga segar. Hal ini membuat leci banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Terlebih lagi dengan rasanya yang manis serta segar ini, membuat leci sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman. Buah leci ini memiliki wujud yang hampir sama dengan buah rambutan, namun untuk harga jualnya sudah pasti jauh lebih tinggi buah leci ini. Jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Bagi anda yang menyukai buah leci ini, anda bisa melakukan pembudidayaan sendiri. Ada beberapa cara mudah untuk menanam bibit leci hingga bisa menghasilkan buah yang banyak.

Cara Menanam Bibit Leci Dengan Mudah Hingga Berbuah

Buah leci merupakan jenis buah yang sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat sirup. Rasa manisnya yang segar ini menjadikan buah leci lebih cocok digunakan untuk membuat minuman daripada dimakan langsung. Untuk membudidayakan buah leci ini, anda bisa melakukannya di rumah. Namun hal ini berlaku untuk pembudidayaan dalam jumlah atau skala yang kecil. Cara untuk menanam bibit dari leci ini juga terbilang cukup mudah. Bagi anda yang belum mengetahui langkah-langkahnya, maka berikut ini adalah tips bagaimana menanam bibit dari buah leci hingga berbuah.

  1. Langkah yang pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit dari buah leci yang akan ditanam. Bibit ini bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan biji leci yang kemudian mengalami proses penjemuran, pendinginan dan lain sebagainya. Namun jika tidak ingin merasa repot atau tidak mau menunggu lama, maka anda bisa membeli bibit buah leci di tempat-tempat yang menjual bibit-bibit tanaman.
  2. Langkah yang selanjutnya untuk menanam bibit dari buah leci ini adalah dengan menyiapkan lahan atau tempat yang dibutuhkan. Buah leci ini dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada tanah yang subur dan gembur. Oleh karena itu anda harus memilih tanah yang tepat agar leci bisa tumbuh dan berbuah. Bagi anda yang ingin menanam dalam pot maka bisa menyiapkan pot dengaan ukuran yang besar.
  3. Setelah itu masukkan bibit ke dalam pot atau lubang tanah yang sudah dibuat. Kemudian tutup kembali menggunakan tanah yang ada. Baru kemudian siram bibit yang sudah ditanam tersebut.
  4. Selanjutnya lakukan perawatan terhadap bibit dari buah leci yang sudah anda tanam hingga berbuah atau tiba pada masa panen. Perawatan tersebut meliputi pemupukan dan juga penyiangan.

Beberapa langkah diatas merupakan cara untuk menanam bibit leci hingga berbuah. Cara ini bisa dibilang cukup mudah untuk dipraktekkan. Jadi, anda hanya perlu menyiapkan bibit dan juga hal-hal lain yang dibutuhkan untuk melakukan penanaman buah leci ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang ingin menanam buah leci atau tanaman leci.