Tips Menanam Bibit Kelengkeng Diamond Mudah

Kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Buah kelengkeng ini memiliki rasa yang manis sehingga sangat disukai. Harga untuk buah kelengkeng ini juga terbilang cukup tinggi. Sehingga bagi para pemilik tanaman kelengkeng, sudah pasti keuntungan yang bisa didapat dari penjualan buah kelengkeng ini cukup lumayan. Untuk jenis-jenis dari buah kelengkeng ini cukup beragam, salah satunya adalah kelengkeng diamond. Kelengkeng diamond ini merupakan jenis kelengkeng yang berasal dari China. Bagi anda yang menyukai jenis tanaman pot, kelengkeng diamond ini sangat cocok untuk anda budidayakan. Anda hanya perlu memiliki bibit kelengkeng diamond dan mengetahui cara menanamnya.

Langkah-Langkah Menanam Bibit Kelengkeng Diamond

Jenis kelengkeng diamond ini cukup banyak disukai, apalagi untuk sebagian orang yang menyukai tanaman buah yang dapat dibudidayakan dalam pot. Terlebih lagi untuk jenis buah kelengkeng diamond ini mengalami pertumbuhan keatas. Sehingga tidak seperti pohon-pohon pada umumnya yang mengalami pertumbuhan keatas. Dengan ciri seperti ini, menanam buah kelengkeng diamond di pot akan lebih mudah. Bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara atau langkah-langkah menanam bibit dari jenis kelengkeng diamond ini. Berikut ini tips untuk menanamnya dengan mudah.

  1. Langkah yang pertama untuk menanam kelengkeng diamond ini adalah dengan menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Baru setelah itu anda bisa menaruh bibit tersebut ke dalam pot. Biarkan bibit kelengkeng tersebut tumbuh hingga kira-kira 1 tahun. Setelah itu anda baru bisa memindahkannya ke lapangan.
  2. Pot yang digunakan untuk penanaman bibit harus diisi dengan media kira-kira setinggi 2/3 dari pot. Kemudian selanjutnya letakkan bibit diatasnya dan ditimbun. Namun jangan sampai memenuhi tinggi pot.
  3. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan secara rutin untuk bibit kelengkeng yang anda tanam. Pemberian pupuk kandang dapat dilakukan 2 bulan sekali. Untuk pupuk daun bisa diberikan setiap minggu.
  4. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman untuk bibit kelengkeng jenis diamond yang sudah anda tanam dalam pot tersebut. Penyiraman ini paling tidak dilakukan dalam waktu 2 hari sekali.
  5. Untuk membuat tanaman tersebut menghasilkan banyak buah kelengkeng, anda harus melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini akan membuat percabangan pada tanaman kelengkeng anda lebih baik. Sehingga bisa menghasilkan buah yang banyak. Pemangkasan bisa dilakukan jika bibit yang ditanam sudah berumur 2 bulan dan mengikuti pola pemangkasan.

Itulah beberapa langkah atau tips untuk menanam bibit kelengkeng diamond dengan mudah. Untuk jenis kelengkeng diamond ini bisa dibilang mudah berbuah tanpa anda harus melakukan atau memberikan perlakuan khusus. Jika nanti tanaman kelengkeng sudah tumbuh cukup besar, anda juga harus memasang penyangga. Hal ini karena cabang kelengkeng cukup rapuh dan mudah patah.