Tips Menanam Bibit Bunga Jengger Ayam dengan Mudah

Tips Menanam Bibit Bunga Jengger Ayam dengan Mudah – Tahukah anda bunga jengger ayam? Yuph, bunga yang juga disebut sebagai bunga jembel ayam ini merupakan salah satu bunga yang awalnya tumbuh secara liar. Namun demikian, setelah banyak orang yang mengetahui keunikan bunga ini, maka banyak orang yang mulai melirik dan membudidayakan bunga ini. Penamaan jengger ayam ini dikarenakan bunga ini mempunyai bentuk layaknya jengger ayam yang berwarna merah darah.  Belakangan ini, banyak orang yang mulai membudidayakan bunga ini. Selain karena tampilannya yang unik dan menarik, bunga ini juga sangat mudah untuk tumbuh di berbagai lahan.

Cara Menanam Bibit Bunga Jengger Ayam

Setelah anda memilih bibit bunga jengger yang berkualitas, maka selanjutnya anda bisa menanam benih bunga jengger tersebut ke media yang sudah anda siapkan. Bagaimana caranya? Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Pastikan bahwa lahan atau media tanam sudah terbebas dari penyakit dan juga gulma. Jika ada gulma sebaiknya anda bersihkan terlebih dulu.
  • Setelah itu, anda bisa menyebarkan benih bunga jengger ayam ini ke bedengan yang sudah anda siapkan.
  • Biji bunga jengger ini hampir mirip dengan biji tanaman bayam dan ketika anda menyebarkan benih ini ke bedengan pastikan bahwa anda menyebarkannya secara merata.
  • Kemudian, anda bisa menyebarkan pupuk kompos yang halus ke bedengan yang sudah di sebar dengan benih bunga jengger ayam tadi. Pastikan bahwa semua biji tersebut tertutupi dengan pupuk tadi.
  • Anda bisa menyiraminya dengan air. Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa menggunakan semprotan untuk menyiraminya.
  • Jika masih ada benih yang masih terlihat, anda bisa kembali menutupinya dengan menggunakan pupuk kandang tadi.
  • Setelah 7 hari biji akan muali berkecambah dan tahap inilah bibit akan mudah terserang penyakit. Anda bisa menyemprotkan cairan Fudaradan 3G untuk menjaga bibit bunga jengger ayam
  • Lakukan penyiraman tanaman tersebut.