Tips Memilih Indukan Biji Ciplukan yang Berkualitas Untuk Bibit Ciplukan Unggul

Tips Memilih Indukan Biji ciplukan yang berkualitas untuk bibit ciplukan Unggul – Apakah anda tahu buah ciplukan? Yuph buah ciplukan termasuk dalam buah yang akhir-akhir ini sedang naik daun. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengadung kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan badan. Selain itu, buah ini juga mempunyai harga yang cukup mahal di pasaran, bahkan untuk satu kilonya buah ini dibandrol dengan harga ratusan ribu. Jika selama ini kita mengenai tanaman ciplukan sebagai salah satu tanaman yang hidup liar di sawah-sawah, namun tidak untuk sekarang ini. Buah ini banyak dibudidayakan oleh para petani.  Bagaimana cara membudidayakan tenaman ciplukan ini? Tentu proses awalnya ialah dimuali dengan pemilihan bibit buah ciplukan yang unggul dan berkualitas.

Memilih Biji Ciplukan untuk bibit ciplukan yang unggul dan berkualitas

Sebenarnya memilih biji ciplukan yang akan kita jadikan sebagai induk ciplukan itu mudah. Hal yang harus anda lakukan ialah memastikan bahwa biji ciplukan tersebut sudah matang dari pohon dan mempunyai kualitas yang baik. Selain itu, anda juga bisa memastikan bahwa biji ciplukan tersebut juga berasal dari dari tanaman yang sehat.

Untuk mengetahui apakah buah tersebut matang atau tidak, anda bisa mengeceknya melalui warna kulitnya. Pastikan bahwa warna kulit buah tersebut sudah menguning dan bagian dalam buah tersebut mempunyai warna kuning kemerahan. Jika anda sudah yakin, bahwa biji ciplukan tersebut sudah benar-benar matang, maka anda bisa mengambil biji ciplukan tersebut dengan memencet bagian buah tersebut dengan tangan. Pisahkan antara biji dengan buahnya. Kemudian, anda bisa mengambil bijinya tersebut dan keringkan bijinya  selama 1 hingga 2 jam. Biji yang telah di jemur tersebut kemudian siap untuk di semai di lahan yang sudah anda tentukan.

Itulah tips memilih biji ciplukan untuk membuat bibit ciplukan yang unggul dan berkualitas. biji yang sudah disemai tersebut akan berubah  menjadi bibit dan bisa anda tanam di lahan terbuka.