Tips Memilih Bibit Pinang Dengan Kualitas Nomor Satu

Tips Memilih bibit pinang dengan kualitas nomor satu – Apakah anda pernah melihat pohon pinang? Yuph, mungkin sebagian anda masih ada yang belum tahu mengenai pohon pinang ini. Begitu pula sebaiknya, anda mungkin juga tidak asing lagi dengan pohon pinang ini. Jika anda ingin menanam pohon pinang, maka langkah pertama dan yang utama yang harus anda alkukan ialah memilih bibit unggul dengan kualitas nomor satu. Bibit atau benih pinang yang bermutu dan terbaik tentunya juga harus berasal dari pohon yang bermutu juga. Pastikan pohon induk tersebut sehat dan terbebas dari penyakit, hama, gulma dan wereng.  Dengan demikian, kunci utama kesuksesan anda dalam budidaya pinang ialah pemilihan benih pinang yang unggul dan berkualitas.

Memilih Bibit Pinang dari Indukan Pohon yang Berkualitas

Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, bahwa benih pinang yang bagus anda berkualitas harus berasal dari pohon pinang induk yang berkualitas juga. Oleh karena itu, anda harus bisa memilih pohon pinang yang berkualitas terlebih dulu untuk mendapatkan bibit yang bermutu dan berkualitas. bagaimana cara mendapatkan pohon pinang yang berkualitas? simak ulasannya sebagai berikut.

  • Pohon pinang tumbuh dengan tegar dan mempunyai batang yang lurus. Selain itu, mahkota pohon juga mempunyai bentuk setengah bulat.
  • Pertumbuhan daun bagus, setidaknya terdiri 8 helai daun.
  • Memiliki lingkar batang lebih dari 45 cm
  • Jumlah tandannya juga lebih dari 4 buah yang mana setiap tandan tersebut mempunyai buah rata-rata 50-60 butir.
  • Pohon induk yang dipilih tersebut juga telah memproduksi buah pinang dengan stabil dengan rataan tahun 4-5 tahun. Sementara itu, usia pohon minimal juga 10 tahun.

Itulah cirri-ciri pohon indukan pinang yang bisa anda pilih untuk dijadikan bibit pinang. Benih yang bagus dan berkualitas berasal dari pohon yang berkualitas dan terbebas dari penyakit. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda memilih pohon indukan yang tepat.