Tips Memilih Bibit Jati Unggul dan Berkualitas

Tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan pohon jati. Pohon ini memang dikenal akan kualitas kayu yang dihasilkan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai jenis mebel mulai dari kursi, meja, pintu, dan yang lain. Harga kayu jati ini juga lumayan mahal. Hal tersebut sebanding dengan kualitas kayu jati yang ditawarkan. Oleh karena hal tersebut, banyak orang yang ingin menanam pohon jati sendiri. Banyak petani yang memanfaatka lahan yang tidak cocok untuk ditanami tumbuhan padi dan sejenisnya kemudian memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam pohon jati. Jika anda juga ingin menanam pohon jati, berikut ialah beberapa tips untuk memilih bibit jati yang unggul dan berkualitas.

Memilih Bibit Jati Unggul

Katika anda berniat untuk mananam pohon jati, maka hal pertama yang harus anda lakukan ialah memilih bibit jati yang unggul terlebih dulu. Bagaimana cara memilihnya? Berikut ialah langkahnya.

  • Pilih bibit jati yang sudah masak dan tentunya sehat. Bibit yang sudah masak mempunyai warna coklat gelap sedangkan jika belum, warnanya putih terang. Setelah itu, anda bisa menjemur benih tersebut di tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung.
  • Durasi penjemuran antara sehari hingga dua hari jika cuaca cerah. Setelah penjemuran diharapkan akan mempunyai benih yang kadar airnya 12%.
  • Setelah kering, anda bisa membersihkan serasah yang tercampur pada benih. Benih jati yang sudah berlubang jangan dibuang karena justru benih itulah yang akan mudah untuk berkecambah. Hal tersebut dikarenakan benih tersebut sudah mengalami penipisan kulit benih (skarifikasi) secara alami.
  • Biasanya dalam 1 kg benih bisa mencapai 1.500 butir benih. Besar atau kecil ukuran benih tersebut tidak mempengaruhi apakah nanti pertumbuhan baik atau buruk. Benih yang telah dipilih tersebut kemudian bisa anda simpat ke tempat yang sejuk tapi tetap kering. Jika dirumah anda ada AC-nya, anda bisa menyimpan bibit jati tersebut ke ruangan tersebut kurang lebih selama 2 tahun.