Tips Membuat Bibit Pisang Secara Vegatatif

Anda suka makan pisang? Yuph, pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pisang memang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Tekstur yang empuk serta rasa yang manis menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka akan buah yang satu ini. Buah pisang juga termasuk dalam buah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan juga masakan. Kemungkinan untuk tumbuh dan berbuah untuk pohon pisang juga sangat besar. Alasan-alasan itulah yang membuat orang tidak hanya mengkonsumsi pisang namun juga menanam tanaman pisang. Jika anda ingin menanam pisang ini, maka anda bisa memulainya dengan membuat bibit pisang terlebih dulu.

Membuat Bibit Pisang Secara vegetative

Membuat bibit pisang memang cara yang paling mudah ialah dengan menggunakan budidaya vegetatif. Cara yang bisa anda lakukan ialah dengan memisahkan bonggol pisang tersebut dengan indukannya. Setelah itu, anda bisa menanam anakan pohon pisang tersebut ke area atau lahan yang sudah anda persiapkan. Akan tetapi sebelum, anda menanam pohon pisang tersebut, anda bisa merendam bibit pisang anda tersebut dengan menggunakan air hangat dengan suhu kira-kira 55 derajat celcius. Anda juga bisa mencampurnya dengan larutan anti jamur atau fungisida. Rendamlah selama kurang lebih 15 menit dan kemudian anda bisa meniriskannya.

Setelah anda menanam bibit pisang tersebut, anda kemudian juga harus melakukan perawatan terhadap bibit pisang tersebut, baik dengan penyiraman dan juga dengan pemupukan.  Untuk penyiraman pohon pisang kecil itu sendiri bisa anda lakukan secara rutin dan teratur, anda bisa melakukannya dua kali sehari, pagi dan sore atau setidaknya sehari sekali. Sementara itu, untuk pemupukan, anda bisa melakukannya paling tidak seminggu sekali. Adapun takaran yang bisa anda gunakan ialah 2 gram urea bisa anda larutkan dengan satu liter air.

Itulah sedikit hal yang bisa saya sampaikan mengenai pembuatan bibit pisang secara vegetatif dan penanaman bibit tersebut. semoga bermanfaat.