Tips Membuat Bibit Buah Tin Sendiri di Pekarangan

Tips Membuat Bibit Buah Tin Sendiri di Pekarangan – Apakah anda tahu buah Tin? Yuph buah tin merupakan salah satu buah yang diketahui banyak akan khasiatnya untuk kesehatan badan. Selain itu, buah ini juga terkenal karena buah ini juga diabadikan dalam ayat di Al-Quran bahkan dijadikan sebagai salah satu nama ayat. Buah tin ini ternyata memang mudah untuk dikembangbiakan dan bisa tumbuh dengan subur jika di tanam di kebanyakan lahan di Indonesia. Jika anda ingin menanam buah tin, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan melakukan pembibitan buah tin terlebih dulu. Anda sebenarnya bisa membeli sendiri buah tin tersebut, namun tentunya membeli bibit juga memerlukan biaya yang lumayan banyak. Oleh karena hal tersebut, banyak orang lebih suka untuk melakukan pembibitan buah tin.

Pembibitan Buah Tin

Pada dasarnya, ada beberapa metode yang bisa dipilih ketika anda hendak melakukan pembibitan buah tin  dan salah satunya ialah dengan metode cangkok batang. Metode pembibitan dengan cangkok in menurut para ahli merupakan cara pembibitan yang paling efisien. Hal tersebut dikarenakan dengan metode ini bisa menghasilkan hasil yang hampir sama dengan induknya.  Bagaimana cara mencangkok buah tin ini? Simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan plastik bening untuk wadah media cangkok
  2. Siapkan juga media tanam dengan cocopeat, atau serabut kelapa yang sudah steril dan kadar garamnya rendah.
  3. Pilih batang indukan yang masih muda. Hal tersebut dilakukan agar proses pengakaran lebih cepat.
  4. Sayatlah kulit batang dengan panjang antara 10 – 15 cm
  5. Tunggu hingga getah sayatan tersebut kering atau hilang
  6. Bungkus sayatan pada batang tersebut dengan media cangkok yang sudah disiapkan. Jangan lupa ikat kedua ujungnya dengan kuat.
  7. Rawat dengan baik cangkokan tersebut dengan menyiraminya pagi dan sore.
  8. Setelah berumur sebulan sampai satu setengah bulan, anda bisa memotong batang dan memindahkan ke polybag.
  9. Setelah satu bulan,anda bisa menanam bibit buah tin tersebut ke lahan terbuka