Tips Membeli Bibit Kentang dengan Mudah dan Simpel

Tentu anda semau tahu sayuran kentang? Yuph, sayuran ini memang menjadi salah satu bahan sayuran yang digunakan dalam keperluan masakan dan makanan. Bahkan, kentang inipun juga bisa dimakan sendiri dengan cara direbus saja atau dengan cara di goreng dan kemudian di makan dengan menggunakan sambal. Bahkan harga jual, makanan kentang ini juga cukup mahal jika sudah menjadi makanan olahan.  Tak pelak hal tersebut juga mempengaruhi harga jual dari sayuran kentang tersebut yang menjadi lebih mahal. Oleh karena hal itu, mulai banyak petani yang berfikir untuk menanami lahan mereka dengan tanaman kentang. Jika anda juga termasuk orang yang ingin menanam kentang, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan salah satunya ialah dengan memperhatikan proses dalam pemilihan bibit kentang.

Pemilihan Bibit Kentang

Pemilihan bibit kentang menjadi salah satu proses yang sangat penting untuk menentukan apakah tanaman kentang anda tersebut akan baik dan akan menghasilkan banyak panen atau tidak.  Semakin baik bibit yang anda pilih tersebut tentu hasil panen kelak di kemudian hari juga semakin bagus dan banyak.  Membuat bibit kentang sendiri memang bisa dilakukan,namun hal tersebut sulit dilakukan oleh orang-orang awam. Namun demikian, bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Dengan proses yang benar dan baik, maka anda bisa membibit sendiri. Salah satunya ialah dengan memilih bibit yang benar-benar unggul dan bermutu. Bagaimana memilih biji kentang yang bermutu untuk dijadikan bibit? Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Pastikan bahwa bibit yang anda pilih merupakan bibit yang sudah tua dan kulitnya tidak mudah mengelupas. Selain itu, anda juga bisa memilih umbi yang sehat dan tidak cacat.
  • Jika berbicara mengenai bobot umbinya kurang lebih 30 – 60 gram. Jika anda menemukan berat kurang dari itu, maka sebaiknya tidak anda pilih untuk dijadikan calon bibit kentang. Sementara itu, untuk besarnya rata-ratanya 45-50 mm atau setidaknya 30-45 mm.
  • Mata tunas juga berjumlah kurang lebih 3 hingga 5 mata