Serba-Serbi Bibit Asam Kranji Varigata yang Harus anda Tahu

Serba-Serbi Bibit Asam Kranji Varigata  yang Harus anda Tahu – Suka makan buah asam? Yuph, buah asam memang termasuk dalam buah yang tidak banyak orang yang suka untuk mengkonsumsinya secara langsung, terlebih asam jawa yang terkenal akan rasa yang sangat asam sekali. buah ini memang sering digunakan untuk bahan membuat makanan dan masakan. Namun demikian, ada juga salah satu jenis buah asam yang bisa dimakan secara langsung. Buah ini dikenal dengan rasa asam yang segar dan mempunyai daging buah yang cukup tebal jika dibandingkan dengan buah asam biasa. Jenis asam ini disebut dengan nama asam kranji varigata atau nama ilmiahnya ialah Dadalium indium.

Bibit Asam Kranji Varigata

Salah satu cirri khas dari buah ini ialah mempunyai buah yang berwarna hitam ketika matang. Jika dibelah daging buah buah ini berwarna orange. Bentuk buah ini juga  kecil sehingga bisa dimakan langsung, bahkan oleh anak-anak. Jika anda hendak menanam bibit asam kranji varigata ini, maka anda bisa membeli bibitnya di toko pertanian. Jika tidak, anda juga bisa membuat bibitnya sendiri  secara generatif.  Pohon asam ini bisa hidup dengan optimal di semua dataran baik rendah ataupun dataran tinggi. Selain itu, untuk media tanamnya, anda bisa menggunakan media tanam berupa tanah humus atau tanah biasa.

Jika anda hendak menanamnya, pastikan bahwa anda menanam di tempat yang sejuk dan memiliki sinar matahari yang cukup. Ketika benih sudah di semai, maka anda juga perlu merawat bibit asam tersebut dengan cara penyiraman dan pemupukkan.  Penyiraman ini bisa anda lakukan sehari dua kali baik pagi maupun sore. Sementara itu, untuk pemupukan bisa anda lakukan minimal  tiga bulan sekali.  untuk pupuknya sendiri, anda bisa memilih NPK yang bisa anda taburkan ke sekitar tanaman tersebut. selain menyirami dan memupuknya, anda juga perlu untuk membersihkan gulma yang ada di sekitar bibit asam kranji varigata tersebut.