Proses Pemilihan dan Penanaan Bibit Durian Biji Merah

Proses Pemilihan dan Penanaan Bibit Durian Biji Merah – Anda penyuka buah durian? Yuph buah durian merupakan salah satu buah yang di gemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang umur, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Durian juga disebut sebagai rajanya buah-buahan. Buah ini dikenal dengan aroma yang khas dan menyengat serta rasa yang manis dan juga tekstur yang sangat legit. Buah ini juga mempunyai harga yang cukup mahal. Bahkan untuk beberapa varietas, buah ini di jual dengan harga yang cukup menguras isi kantong, hanya dua biji saja harganya kisaran 25 ribuan.  Jika berbicara mengenai buah durian, maka ada beberapa varietas atau jenis durian yang bisa anda ketahui dan salah satunya ialah durian biji hitam.

Memilih Bibit Durian Biji Hitam

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika anda hendak menanam durian inilah anda harus memilih benih yang unggul dan berkualitas terlebih dulu. Benih bisa anda ambil dari biji durian yang bagus, tidak kisut dan juga masiih utuh. Selain itu, pastikan anda juga memilih biji dari durian yang rasanya lezat dan dagingnya tebal. Anda bisa membersihkan bijinya dari daging yang masih menempel dan keringkan biji tersebut selama kurang lebih 2 minggu.

Setelah itu, anda bisa menyemai benih tadi pada media tanam berupa tanah gembur yang dicampur dengan pasir dengan perbandingan 1:1. Campur dan siramlah serta anda bisa menanamnya dengan posisi miring. Hal tersebut bertujuan agar ketika biji tumbuh bisa menjulur ke tanah.  Kemudian, anda bisa menutup kembali dengan tanah, namun sisakan sedikit pada bagian atas. Pada bagian atas media penyemaian tadi, anda bisa menutupinya bagian atas dengan menggunakan plastic. Benih tersebut akan menjadi tunas setelah kurang lebih 3 minggu dengan daun paling sedikit 3 buah.

Setelah semua tahap tersebut telah selesai, maka selanjutnya anda bisa menanam bibit durian biji hitam tersebut ke lahan terbuka atau anda bisa menggunakan polibek terlebih dulu.