Mengenal Lebih Dekat dengan Bibit Jagung Transgenik

Mengenal Lebih Dekat dengan Bibit Jagung Transgenik – Jika berbicara mengenai jenis jagung yang sering ditanam di lahan pertanian Indonesia, maka setidaknya ada dua jenis jagung yakni jagung Komposit atau jagung local dan jagung hibrida. Kedua jenis jagung tersebut sudah sangat akrab ditelinga para petani. Namun demikian, seiring dengan berkembangnya waktu, ada penemuan jenis jagung baru yakni jagung transgenik. Bagi sebagian anda sebelumnya belum pernah mendengar bibit jagung jenis ini. Jenis jagung ini memang masih asing di kalangan petani khususnya petani pedesaan yang masih setia untuk menanam jenis jagung local dan hibrida. Jagung transgenic  merupakan jagung yang proses pembuatan benihnya melalui proses rekayasa genetic di laboratorium

Keunggulan dan Kekurangan Bibit Jagung Transgenik

Apa keunggulan jenis jagung ini?  Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh jagung transgenik ini ialah bisa memproduksi jagung hingga kisaran 8-10 ton untuk tiap hektarnya. Jagung jenis ini juga tahan akan penyakit, obat kimia dan tentunya hama.

Disamping kelebihan yang ditawarkan oleh bibit jagung jenis ini, ada juga kekurangannya.  Salah satunya ialah anda harus membeli biji ini di toko pertanian jika anda ingin menanam benih jagung transgenik ini.  Banyak juga yang mengkhawatirkan bahwa jenis jagung ini juga akan menimbulkan penyakit baru yang bisa menyerang hewan ternak, bahkan manusia. Penyakit baru pada tanaman jagung pun juga bisa timbul dan membuatnya lebih kebal terhadap bahan kimia. Penggunaan benih jagung ini juga dikhawatirkan bisa menimbulkan kerusakan pada tanah.

Untuk jenis dari jagung transgenik ini, ada beberapa jenis jagung diantaranya ialah jagung BT, jagung RR-GA21, jagung terminator, dan jenis-jenis  yang lain. Jika anda ingin membeli bibit jagung transgenik ini, maka anda bisa membelinya di toko pertanian yang terdekat dengan anda. Namun demikian, anda juga bisa mendapatkannya secara online.  Sudah banyak toko pertanian online yang menyedikan bibit jagung transgenik ini.

Itulah sedikita hal yang bisa kami sampaikan mengenai bibit jagung transgenik. Semoga bermanfaat.