Membuat Bibit Sukun Sendiri di Rumah Anda

Membuat Bibit Sukun Sendiri di Rumah Anda – Apakah anda tahu sukun? Yuph, sukun merupakan salah satu buah yang bentuknkya menyerupai melon yang mana buah ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan makanan camilan yang enak dan gurih. Jika berbicara mengenai tanaman sukun, tanaman ini merupakan salah satu tanaman pioneer yang bisa tumbuh dimanapun tempatnya, baik di tanah yang subur ataupun tanah yang kurang subur. Selain itu, budidaya tanaman sukun juga termasuk mudah dan tidak memerlukan sesuatu yang khusus. Oleh karena hal tersebut, banyak orang yang melirik untuk menanam bibit sukun ini.

Membuat Bibit Sukun Sendiri

Tanaman sukun ini memang tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan buah saja, namun tanaman ini juga sangat cocok untuk program penghijauan, konservasi lahan dan juga untuk pencegahan erosi. Namun demikian, buah sukun juga tidak memiliki biji sehingga jika anda ingin melakukan pembibitan maka hanya bisa dilakukan dengan cara vegetatif.  Setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat bibit sukun secara vegetatif ini.

Cara pertama ialah dengan menggunakan metode stek pucuk. Metode ini banyak dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi bibit sukun yang terlalu lama berada di polybag. Selain dengan menggunakan stek pucuk,  anda bisa bisa melakukan pembibitan tanaman sukun ini dengan menggunakan okulasi. Dengan okulasi ini, merupakan salah cara yang paling efektif untuk mendapatkan benih sukun yang unggul dan berkuallitas dalam waktu yang singkat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan metode cangkok untuk membuat pembenihan tanaman sukun ini.

Dari semua cara membuat bibit sukun tersebut, cara yang dianggap paling mudah ialah dengan metode stek. Namun demikian, metode pembibitan apapun yang anda pilih, hal terpenting ialah anda harus memilih indukan yang berkualitas unggul dan tentunya sehat, terbebas dari penyakit. Salah satu ciri bibit sukun yang bagus  ialah sudah mempunyai daun setidaknya 4 daun, semakin banyak akan semakin baik.