Cara Merawat Bunga Sembojo Agar Tumbuh Lebat

Bunga sembojo merupakan sebutan yang biasa digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut bunga kamboja. Kamboja itu sendiri merupakan jenis bunga yang berasal dari jenis Plumeria. Aroma harum dari bunga ini sangat khas, selain itu juga memiliki keindahan yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara bunga kamboja ini. Apalagi kamboja juga dilengkapi dengan sekitar 5 helai mahkota dengan warna putih hingga merah keunguan. Bunga kamboja ini juga lebih banyak dikenal sebagai tanaman yang tumbuh di lingkungan makam. Sehingga terkesan sedikit mistis. Namun seiring perkembangan jaman yang semakin modern, kamboja banyak digunakan sebagai tanaman hias di luaran rumah.

Inilah Beberapa Langkah Merawat Bunga Sembojo Dengan Benar

Semakin banyaknya budidaya bunga kamboja ini, membuat kamboja cukup banyak disukai untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuk dan juga warna yang indah dari bunga kamboja ini membuatnya cukup menarik. Oleh karena itu juga, anda dapat dengan mudah menemukan para penjual bibit dari kamboja ini. Anda juga bisa melakukan penyemaian sendiri untuk mendapatkan bibit bunga kamboja untuk anda tanam. Untuk membuahkan bunga kamboja yang lebat dan indah, ada beberapa hal untuk merawat bunga kamboja ini. Bagi anda yang belum begitu mengerti mengenai perawatan bunga kamboja ini. Maka berikut ini beberapa cara merawat bunga kamboja dengan benar.

  1. Dalam melakukan perawatan bunga kamboja, media tanam merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa memilih media tanam yang mampu menyerap air dengan baik. Anda juga harus mencampur media tersebut dengan kompos atau pupuk organik untuk membantu pertumbuhan bunga kamboja.
  2. Sinar matahari merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk pertumbuhan bunga kamboja ini. Maka dari itu anda harus menempatkan tanaman kamboja ini ditempat yang memungkinkan terkena sinar matahari dengan cukup.
  3. Langkah yang selanjutnya untuk merawat tanaman bunga kamboja ini adalah melakukan penyiraman yang rutin. Anda bisa melakukan penyiraman secukupnya.
  4. Merawat tanaman bunga kamboja juga diperlukan pemupukan. Pemupukan ini akan membantu tanaman untuk tumbuh sehat dan juga dapat tumbuh berbunga lebat.
  5. Langkah yang terakhir untuk merawat bunga kamboja ini adalah dengan mengganti media tanam dan menanam kembali bunga kamboja tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman bunga sembojo yang lebih dikenal sebagai bunga kamboja. Perawatan ini ssangat penting untuk membantu pertumbuhan tanaman kamboja agar tumbuh dengan sehat dan juga berbunga lebat. Jadi, bagi anda yang belum tau bagaimana cara merawat tanaman bunga kamboja dengan benar. Anda bisa menyimak ulasan ini.