Cara Menanam Bibit Sawo Jumbo Dengan Benar

Saya yakin sebagian dari anda pasti tahu buah sawo? Yuph, buah ini merupakan salah satu buah yang mempunyai rasa manis. Selain itu, pohon buah sawo ini juga terkenal akan ukurannya yang besar dan daunnya yang sangat lebat. Tidak sedikit orang yang sengaja menanam pohon ini sebagai naungan matahari di halaman depan rumahnya.  Pohon ini awalnya memang berasal adi Guatemala, Amerika Tengah. Pohon sawo ini juga termasuk dalam pohon pioneer yang mana bisa ditanam di area manapun, baik area subur dan tidak subur. Pohon sawo sendiri juga mempunyai beberapa jenis dan salah satunya ialah sawo jumbo. Jika anda ingin menanam pohon sawo jumbo ini, langkah awal yang bisa anda lakukan ialah menanam bibit sawo jumbo dengan benar.

Cara Menanam Bibit Sawo Jumbo 

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah memilih benih atau bibit sawo jumbo yang mempunyai kualitas yang bagus. Anda bisa  membeli benih ini di toko pertanian. Anda juga bisa membuat benih sendiri baik secara vegetatif dan juga secara generatif. Kedua metode pembibitan tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Silahkan anda memilihi metode pembibitan yang pas menurut anda.

Setelah itu, anda bisa mempersiapkan lahan yang sudah dibersihkan dari  gulma dan sudah diolah. Jarak tanam antar benih sawo jumbo ini juga harus diperhatikan. Anda bisa menanam tiap benih dengan jarak antara 8 meter hingga 10 meter.  Hal tersebut dilakukan untuk mencegah antar pohon yang jaraknya terlalu dekat.  Setelah itu, anda bisa  membuat lubang tanam sawo dengan ukuran 20 cm kubik. Setelah anda membuat lubang tersebut, anda bisa mengisinya dengan pupuk kandang dan biarkan lubang tanam tersebut terbuka selama kurang lebih 2 minggu.  Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pelapukan pada lahan tersebut.

Jika anda ingin menanam bibit sawo jumbo ini sebaiknya anda menanamnya pada sore hari dan ketika musim hujan telah tiba. Kemudian rawatlah untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal.