Cara Menanam Bibit Jabon dengan Benar

Cara Menanam Bibit Jabon dengan Benar – Pohon Jabon merupakan salah satu pohon yang dimanfaatkan oleh manusia untuk diambil kayunya untuk kebutuhan pembangunan dan  mebeler. Kayu Jabon merupakan salah satu kayu yang dipilih untuk kebutuhan manusia. Pohon jabon ini termasuk pohon yang semakin hari semakin sedikit mengingat adanya penebangan liar yang dilakukan oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak penebangan liar pohon jabon ini karena memang pohon ini, khususnya kayunya memiliki nilai ekonomis  yang lumayan tinggi. Oleh karena hal tersebut, banyak orang yang mulai tertarik untuk menanam pohon jabon ini.

Cara Menanam Bibit Jabon

Sebenarnya anda bisa mendapatkan bibit jabon ini dengan membeli di toko-toko pertanian, akan tetapi anda juga bisa membuat bibit tersebut dengan pembibitan sendiri. Bagaimana caranya? Berikut ialah ulasannya.

  • Campurkanlah tanah halus dan pasir halus dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, media tersebut disterilisasi terlebih dulu.
  • Campurkanlah cocopeat dengan sekam aram dengan perbandingan 2:1. Pastikan bahwa kedua bahan tersebut tercampur dengan rata. Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di toko pertanian.
  • Sebelum bibit pohon jabon tersebut di semai, anda bisa menyiraminya hingga lahan tersebut basah dan jenuh. Jika perlu anda bisamenggunakan plastic tranparan untuk menutupi media tanam tersebut.
  • Ketika anda hendak menabur bibit, anda bisa mencampurkan benih dengan pasir halus terlebih dulu. Hal tersebut dilakukan untuk pertumubuhan yang merata.
  • Setelah 7 hingga 15 hari biasanya benih mulai berkecambah dan semua benih akan berkecambah secara merata ketika sudah berumur 1 bulan.
  • Dalam 1 bak bedengan yang mempunyai ukuran 25X20 cm, anda bisa menaburkan benih satu sendok teh saja.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika anda hendak menanam bibit jabon secara  benar. Pastikan anda sudah mempersiapkan segala alat dan media yang diperlukan terlebih dulu.  Untuk  memperoleh kayu jabon yang mempunyai kualitas yang bagus, maka hal tersebut harus dimulai dengan bibit jabon yang berkualitas.