Cara Menanam Bibit Anggur Agar Tumbuh Dengan Baik

Anggur merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya sebagai pencuci mulut yang segar, namun anggur juga bisa digunakan untuk mencegah pembentukan dari sel kanker. Hal ini karena anggur memilih kandungan senyawa yang membuat fungsi tersebut. Anggur ini merupakan jenis buah yang juga banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyaknya peminat ini membuat harga jual dari anggur ini relatif tinggi atau mahal. Sehingga pembudidayaan anggur sudah pasti akan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Namun pengetahuan yang minim mengenai bagaimana cara menanam bibit anggur dengan baik bisa membuat pembudidayaannya tidak berhasil.

Langkah-Langkah Untuk Menanam Bibit Anggur

Anggur ini merupakan buah yang memiliki rasa yang lezat sehingga memiliki banyak peminat. Terlebih lagi harga jualnya yang tinggi ini menjadi keuntungan bagi yang membudidayakan tanaman anggur ini. Anggur merupakan jenis tanaman yang tumbuh dengan cara merambat sebagai semak. Sehingga dalam hal ini, tanaman anggur membutuhkan lahan dengan tiang dan juga tertutup. Sehingga anggur dapat tumbuh dengan baik tentunya. Pembudidayaan anggur ini juga bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, anda harus mengetahui bagaimana menanam bibit dari anggur ini dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah menanam bibit dari tanaman anggur.

  1. Cara yang pertama untuk menanam bibit dari buah anggur ini adalah menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Dalam hal ini, anda bisa melakukan metode pencangkokan terhadap tanaman anggur yang berkualitas dan unggulan.
  2. Setelah bibit yang akan ditanam siap, maka langkah yang selanjutnya untuk dilakukan adalah membuat alat penyangga untuk media penanaman tanaman anggur ini. Anda bisa membuatnya dengan besi maupun kayu dengan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  3. Jika anda ingin menanam bibit dari buah anggur ini di pot, maka anda bisa menyiapkan pot yang dibutuhkan. Pot tersebut bisa anda buatkan lubang-lubang dibawahnya. Untuk ukuran pot juga lebih baik menggunakan ukuran yang sedang atau besar.
  4. Langkah yang selanjutnya adalah mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Hal ini bertujuan agar bibit dari anggur bisa tumbuh dengan baik.

Inilah beberapa langkah yang anda perlukan untuk menanam bibit anggur. Bibit dari buah anggur ini memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tanaman yang lain. Hal ini karena tanaman anggur tumbuh dengan cara merambat. Sehingga anda harus melakukan cara menanam bibit yang tepat. Tanah yang dibutuhkan untuk penanaman anggur ini juga harus dalam kondisi yang baik dan subur.