Cara Memilih Bibit Ketapang Kencana Yang Unggul Dan Berkualitas

Apakaha anda tahu pohon ketapang? Yuph, pohon ini merupakan salah satu pohon yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pohon ini mempunyai nama ilmiah terminalia catappa. Selain itu, pohon ini juga merupakan salah satu pohon yang asalnya dari keluarga pohon cemara. Pohon ini juga bisa tumbuh ideal di wilayah tropis. Di beberapa daerah, pohon ketapang ini juga mempunyai nama ketapang kencana, hatapang, gentapang, ketapas, bahkan katafa. Untuk menanam pohon ini juga tidak terlalu sulit, anda tinggal membuat bibit ketapang kencana ini dari biji. Hal yang harus anda perhatikan ialah anda harus menanam pohon ini di lahan yang lebar dan mempunyai rentangan yang cukup lebar juga. Maka tidak mengherankan jika banyak orang menanam pohon ini untuk peneduh atau hanya sebagai hiasan rumah.

Menanam Pohon Ketapang

Setelah anda memilih bibit ketapang kencana, hal yang harus anda lakukan ialah menaman bibit ketapang tersebut. berikut ialah langkah-langkah menanam pohon ketapang.

  • Pastikan anda memilih biji ketapang yang paling tua dan sehat. Kemudian, anda bisa mengeringkan biji tersebut selama kurang lebih 2 hari.
  • Setelah itu, anda bisa menyiapkan media tanam untuk menyemai bibit. Media tanam tersebut bisa berupa campuran antara tanah humus dengan pupuk kandang atau kompos organik. Kemudian, jika sudah dicampur secara merata, anda bisa memasukkan ke polybag.
  • Sebelum ditanam, anda bisa merendam biji tersebut selama sehari semalam dengan larutan fungisida.
  • Kurang lebih dalam 4 minggu hingga 6 minggu akan muncul kecambah. Pada masa ini, anda bisa memperhatikan kadar air yang dibutuhkan oleh bibit ketapang kencana
  • Selain itu, pastikan bahwa bibitnya juga mendapatkan sinar matahari yang cukup namun jangan secara langsuung. Anda bisa memindahkan ke tempat yang lebih sejuk dan teduh.

Setelah 6 bulan, anda bisa memindahkan ke tempat yang lebih besar. Pada tahap ini, anda juga memberikan pemupukan pada bibit ketapang kencana untuk merangsang pertumbuhan daun.