Cara Membuat Bibit Kelengkeng Sendiri

Cara Membuat Bibit Kelengkeng Sendiri – Apakah anda pernah mencoba buah kelengkeng? Saya yakin sebagian besar dari anda pasti pernah mencoba dan merasakan manisnya buah kelengkeng ini. Yuph, buah yang hampir mirip dengan rambutan ini  mempunyai cirri khas rasa yang manis serta bentuk yang lumayan kecil. Jika anda pergi ke toko buah, buah kelengkeng ini termasuk dalam buah yang menhiasi dagangan penjual buah tersebut. Buah ini dijajakan dengan digantungkan pada bagian depan buah. Hal tersebut banyak dilakukan oleh para penjual sebagai salah satu stratgi marketing untuk mengundang pada calon pembeli untuk membeli buah manis ini. Harga buah ini pun juga termasuk mahal dan oleh karena hal tersebut, banyak orang yang mencoba untuk menanam pohon kelengkeng ini.

Membuat Bibit Kelengkeng Sendiri

Pada dasarnya, membuat bibit kelengkeng ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan pembuatan bibit secara  vegetative (buatan) dan generative ( biji). Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun demikian, dalam kesempatan ini saya akan membahas perkembangbiakan kelengkeng secara generatif.

Untuk membuat bibit secara vegetative, maka hal pertama yang harus anda siapkan ialah memilih buah kelengkeng yang baik dan kemudian diambill bijinya. Anda kemudian bisa mengeringkan biji kelengkeng tersebut dan mengelempokan berdasarkan pada keseragaman bijinya. Untuk meminimalisir biji kelengkeng tersebut akan terkena jamur atau bakteri, maka anda bisa mensterilkan biji tersebut dengan larutan klorox 5%.

Setelah biji disterilisasi, anda bisa menanam biji tersebut ke lahan persemaian.  Sebelum biji kelengkeng tersebut ditanam, anda bisa melubangi lahan tersebut dengan kedalaman 2 hingga 3 cm. jangan lupa juga berikan jarak antar biji dengan jarak 2 hingga 3 cm. setelah biji di masukkan, anda bisa menutupnya dengan tanah kembali. Kemudian, anda bisa menutupi tempat persemaian tersebut dengan plastik untuk menciptakan kondisi lembab. Dengan demikian, biji kelengkeng tersebut akan cepat berkecambah. Setelah berkecambah, anda bisa memindahkan calon bibit kelengkeng tersebut ke polybag.