Cara Membuat Bibit Buah Rambutan Unggul Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Bibit Buah Rambutan Unggul Sendiri dengan Mudah -Apakah anda ingin menanam pohon buah di pekarangan rumah anda? yuph, banyak jenis pohon yang bisa anda tanam ketika ingin bertanam di perkebunan anda. menanam pohon buah di pekarangan memang memberikan banyak keuntungan. Salah satunya ialah anda akan mendapatkan peneduh alami yang berasal dari pepohonan. Selain itu, jika pohon tersebut berbuah, maka anda beserta keluarga juga bisa menikmati hasil dari perkebunan buah tersebut. oleh Karena hal tersebut, banyak orang yang mulai menanami pekarangan rumah mereka dengan menggunakan berbagai tanaman rambutan dan salah satunya ialah pohon rambutan. Ada beberapa tahap yang bisa anda lakukan dan dalam kesempatan ini, saya hanya akan membahas tahap pembibitan saja.

Membuat Bibit Buah Rambutan Sendiri

Ketika anda ingin menanam pohon buah rambutan, maka hal pertama yang harus anda lakukan ialah dengan memilih bibit yang unggul dan berkualitas terlebih dulu. Untuk mendapatkan bibit unggul dan berkualitas tersebut, anda bisa membeli bibit di toko pertanian, namun tentunya, anda harus mengeluarkan uang. Oleh karena itu, membuat bibit buah sendiri bisa menjadi pilihan yang menarik. Setidaknya ada dua cara yang bisa anda ketahui ketika anda ingin membuat bibit buah rambutan secara sendiri.

Cara yang pertama ialah dengan cara vegetatif yakni dengan melalui beberapa cara seperti pengcangkokan, okulasi, stem, menyambung dan yang lain. Salah satu keunggulan dari budidaya bibit secara vegetatif ini ialah anda akan mendapatkan bibit dengan kualitas yang bervariasi dari induknya. Selain itu, tumbuh kembang pohon buah tersebut juga akan lebiih cepat.

Selain pembuatan bibit buah rambutan dengan cara vegetatif, anda juga bisa membuat bibit dengan cara generatif, yakni dengan membuat bibit melalui biji. Pertumbuhannya memang tidak secepat pertumbuhan vegtatatif, namun kualitas buah yang dihasilkan akan lebih menyerupai induknya. Tentu hal tersebut juga harus di dukung dengan proses penanaman dan perawatan yang optimal.