Hari Ini:

Senin 10 Dec 2018

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 20.00 WIB

Telpon:

O358 792819

SMS/Whatsapp:

082331529296

BB Messenger:

5CBBBAEE

Email:

tanibisnis@gmail.com

Layanan Online:

Tips Pilih Bibit Jahe Yang Berkualitas

12 Mei 2018 - Kategori Blog

Siapa sih yang tidak kenal dengan jahe? Yuph, salah satu anggota tanaman sehat yang mempunyai julukan sebagai apotek hidup ini memang banyak digunakan oleh manusia dalam berbagai keperluan baik untuk bumbu masakan, atau untuk bahan membuat minuman herbal. Dalam dunia pengobatan herbal pun, jahe juga banyak dimanfaatkan.  Hal tersebut sangatlah beralasan mengingat jahe mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan manusia. oleh karena hal tersebut, banyak orang yang ingin menanam jahe ini di rumah mereka. Bagaimana caranya? Langkah pertama ialah dengan memilih bibit jahet yang berkualitas dan sehat terlebih dulu.

Cara Memilih Bibit Jahe yang Berkualitas

Ketika anda hendak memilih bibit jahe, maka anda harus memastikan bahwa bibit tersebut harus memenuhi beberapa standard mutu seperti mutu fisiologi dan mutu genetik serta mutu fisik. Yang dimaksud dengan mutu fisiologi ialah presentesai tumbuhnya tinggi sementara itu, yang dimaksud dengan mutu fisik ialah tanaman jahe tersebut harus terbebas dari hama dan juga penyakit.  Dengan demikian, ada beberapa criteria yang harus dipenuhi dalam pemilihan bibit jahe sebagai berikut.

  • Pastikan bahwa anda memilih bibit atau benih jahe dari kebun baik dari kebun anda sendiri atau meminta dari kebun orang lain. Jangan sekali-kali mengambil bibit dari pasar.
  • Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tanaman jahe tersebut juga sudah berumur dengan kisaran umum 9 hingga 10 bulan.
  • Pastikan juga bahwa bibit jahe tersebut berasal dari tanaman jahe yang sehat. Tidak memiliki kulit yang rimpang dan terdapat bagian yang lecet atau terluka.

Itulah setidaknya 3 tips memilih bibit jahe yang bisa anda lakukan sebagai langkah awal untuk menanam jahe. Memilih bibit hanya sebagian penentu dari kesuksesan bertanam jahe mengingat jahe juga perlu dirawat dengan baik untuk menghasilkan jahe yang berkualitas dan baik juga.  tanaman jahe ini bisa anda budidayakan di  pekarangan rumah anda dan tidak perlu memerlukan lahan yang besar.