Hari Ini:

Selasa 23 Oct 2018

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 20.00 WIB

Telpon:

O358 792819

SMS/Whatsapp:

082331529296

BB Messenger:

5CBBBAEE

Email:

tanibisnis@gmail.com

Layanan Online:

Tips Mudah dan Sederhana Memilih Bibit Jagung Hibrida

10 Mei 2018 - Kategori Blog

Tips Mudah dan Sederhana Memilih Bibit Jagung Hibrida – Jika berbicara mengenai tanaman jagung, tanaman tersebut termasuk dalam tanaman terbesar yang ditanam di pertanian Indonesia setelah tanaman padi. Yuph, hampir semua lahan pertanian di Indonesia ditanami jagung. Terlebih jika musim kemarau tiba, mayoritas lahan pertanian ditanami dengan Jagung. Secara umum, jenis jagung yang ditanam di lahan pertanian Indonesia bisa dibedakan menjadi tiga dan salah satunya ialah jagung hibrida. Sudah banyak juga para petani yang memilih bibit jagung hibrida untuk ditanam di lahannya.

Bibit Jagung Hibrida

Jika berbicara mengenai jagung hibrida, jenis jagung ini merupakan salah satu jenis jagung yang proses pembuatan bibitnya melalui  cara penyilangan dan pemuliaan antar dua induk jagung sehingga menghasilkan jenis jagung baru yang mempunyai sifat unggul dari kedua induk yang disilangkan tersebut. Salah satu keunggulan dari jagung ini ialah hasil produksinya cukup besar yakni mencapai 8 hingga 12 ton per hektarnya. Angka ini tentu lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jagung komposit yang hanya menghasilkan kisaran 3-5 ton per hektarnya. Jagung hibrida sendiri juga mempunyai jenis turunan dengan nama DK, NK, Pioner, Bisi dan yang lain.

Namun demikian, jagung hibrida ini juga mempunyai kekurangan diantaranya ialah harga bibit jgung yang mahal. Selain itu, benih jagung tidak bisa diturunkan lagi jika tetap diturunkan produksinya bisa turun hingga 30%.

Cara Memilih Bibit Jagung Hibrida

Oleh karena harga bibit jagung hibrida yang mahal, maka banyak petani yang mencoba membuat benih sendiri. Untuk membuat benih tersebut, tentu diawali dengan pemilihan pohon induk jagung yang berkualitas dan bermutu terlebih dulu. Berikut ialah caranya. Pilihlah biji jagung dari tanaman jagung yang sehat dan terbebas dari hama, penyakit dan gulma. Jagung nya juga harus kering di pohondan berasal dari pohon yang bunganya sudah dibuang terlebih dulu.  Jagung juga harus berasal dari pohon jagung yang mempunyai tongkol yang besar.