Hari Ini:

Selasa 23 Oct 2018

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 20.00 WIB

Telpon:

O358 792819

SMS/Whatsapp:

082331529296

BB Messenger:

5CBBBAEE

Email:

tanibisnis@gmail.com

Layanan Online:

Tips Menyemai Bibit Gaharu Secara Sederhana dan Mudah

06 Mei 2018 - Kategori Blog

Tips Menyemai Bibit Gaharu Secara Sederhana dan Mudah – Apakah anda pernah mendengar pohon gaharu? Yuph, pohon yang belakangan ini menyita perhatian banyak orang karena harganya yang lumayan tinggi. Pohon gaharu termasukk pohon yang berbeda pada umumnya. Jika kebanyakan jenis pohon itu diambil manfaatnya ialah bagian batangnya untuk keperluan industri property, namun tidak dengan pohon gaharu ini. Pohon ini mempunyai keunggulan yakni batang pohon yang mengandung resin yang mana resin tersebut sering dimanfaatkan dalam industry wangi-wangian seperti setanggi dan juga parfum.  Hal tersebut karena bau pohon gaharu ini memang sangat wangi.  Hasil wangi dari pohon tersebut diakibatkan Karena pohon yang mengalami infeksi baik secara alami maupun buatan. Oleh karena mahalnya pohon ini, banyak orang yang mulai melirik untuk menggunakan pohon ini.

Tips Menyemai Bibit Gaharu

Setelah anda mendapatkan calon bibit gaharu, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah dengan:

  • menyiapkan media tanag berupa tanah humus yang berkualitas tinggi.
  • Selain itu, anda juga bisa menyiapkan pasir atau kalau tidak sekam arang, atau cocopeat. Pilih salah satu saja yang ada di mudah anda dapatkan.
  • Siapkan juga pupuk kompos yang sudah diolah.
  • Semua bahan tadi, bisa anda campurkan secara merata.
  • Setelah itu, anda bisa menyiapkan tempat yang teduh, yang atasnya bisa anda tutupi dengan menggunakan plastic dan masih mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Isilah media tanam tersebut ke bedengan atau bak semai dengan ketinggian 10 cm an dan siramlah dengan air.
  • Sebarkanlah biji secara merata. Setelah itu, anda bisa menutupi media persemaian tadi dengan pelepah kelapa.
  • Kemudian biarkan dan rawatlah dengan menyiraminya secara rutin, setidaknya dua kali sehari baik pagi maupun sore. Anda bisa menambahkan larutan fungisida atau regen ketika anda menyirami bibit tersebut.

Setelah kurang lebih 15 hingga 20 hari, anda bisa membuka penutupnya dan memindahkan bibit gaharu tersebut ke dalam polybag.