Hari Ini:

Senin 10 Dec 2018

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 20.00 WIB

Telpon:

O358 792819

SMS/Whatsapp:

082331529296

BB Messenger:

5CBBBAEE

Email:

tanibisnis@gmail.com

Layanan Online:

Tips Menyemai Bibit Daun Selada Hidroponik dengan Rockwool

05 Mei 2018 - Kategori Blog

Tips Menyemai Bibit Daun Selada Hidroponik  dengan Rockwooll – Seiring dengan berkembangnya zaman, bercocok tanam tidak hanya dilakukan di media tanah pada pekarangan rumah atau kebun yang besar saja. Namun metode bercocok tanam sudah banyak yang menggunakan sistem hidroponik. Yuph, metode hidroponik ini perlahan namun pasti banyak digemari oleh para pecinta tanaman khususnya mereka yang mempunyai lahan sempit untuk bercocok tanam. Selain hal tersebut , modal bercocok tanam dengan sistem hidroponik ini juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis tanaman dan salah satunya  ialah tanaman daun selada. Bercocok tanam dengan hidroponik pada dasarnya sama dengan bercocok tanam konvensional , yakni mulai dari pemilihan bibit, penyemaian bibit perawatan tanaman dan yang lain. Dalam kesempatan ini, kami hanya akan membahas penyemaian selada dengan rockwool.

Cara Menyemai Bibit Daun Selada dengan Rockwool

Jika anda ingin menggunakan media rockwool untuk penyemaian. Langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan memotong rockwool dengan ukuran 3X3 cm. kemudian, masukkan potongan rockwool tersebut ke dalam wadah khusus. Lubangi rockwool tersebut dengan kedalaman 1-2 cm yang mana lubang tersebut akan digunakan untuk menaruh bibit selada. Gunakalah pinset untut memasukkan biji selada tersebut ke dalam wadah.

Jika semua benih sudah masuk ke rockwool, anda bisa menyirami bibit tersebut. Usahakan tempatkan rockwool pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Anda juga bisa menutupinya menggunakan kresek hitam.

Jika sudah mulai tumbuh tunas, anda bisa menyirami benih daun selada tersebut dua kali sehari pada waktu pagi dan waktu sore. Selain itu, pindahkan juga tanamannya ke tempat yang terdapat sinar matahari untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Setelah muncul 3 sampai 4 helai daun pada tanaman tersebut, anda bisa memindahkan tanaman daun selada tersebut ke media yang akan anda gunakan.  Untuk merangsang pertumbuhan bibit daun selada, anda bisa menggunakan ZPT atau memberikan nutrisi pada pohon.