Hari Ini:

Minggu 15 Sep 2019

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 20.00 WIB

Telpon:

O358 792819

SMS/Whatsapp:

082331529296

BB Messenger:

5CBBBAEE

Email:

tanibisnis@gmail.com

Layanan Online:

Teknik Penyemaian Bibit Jahe Merah

10 April 2018 - Kategori Blog

Apakah anda ingin menaman jahe? Yuph, menaman jahe banyak dilakukan oleh banyak orang karena memang apotek hidup  ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. selain itu, tanaman jahe ini juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Dengan demikian, anda tetap bisa menanamnya meskipun lahan pekarangan anda hanya sempit.  Ada beberapa teknik dalam menanam jahe diantaranya ialah teknik penyemaian bibit jahe. Dalam kesempatan ini, saya ingin menjelaskan lebih jauh mengenai penyemaian bibit jahe merah.  Bagaimana tekniknya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Tips Menyemai Bibit Jahe Merah

Sebenarnya jika anda sudah mempunyai bibit jahe merah, anda bisa langsung menanamnya ke media tanah. Namun demikian, tanaman jahe yang anda tanam tersebut akan tumbuh secara beragam. Pertumbuhan tanaman akan berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan terlebih dulu penyemaian tanaman jahe ini pada baik media kayu atau media bedengan. Namun dalam kesempatan ini, saya hanya akan menjelaskan teknik penyemain pada peti kayu saja Bagimana caranya? Berikut cara mudah.

Penyemaian Pada Peti Kayu

Rimpang jahe bisa anda jemur sementara, namun jangan sampai kering. Simpanlah rimpang jahe merah tersebut selama kurang lebih 1,5 bulan. Kemudian, anda  bisa mematahkan rimpang jahe tersebut yang mana setiap potongan harus ada 3 hingga 5 mata tunas. Jemur ulang rimpang tersebut selam kurang lebih 2 hari.  Setelah itu, anda bisa mengemas potongan bakal bibit jahe tersebut ke dalam karung yang anyamannya jarang.  Kemudian, anda bisa mencelupkannya ke daalam larutan atau zat pengatur  tumbuh dan fungisida  setelah itu kemudian anda bisa mengeringkannya. Setelah itu, anda bisa memasukkan ke dalam peti kayu.

Setelah itu, anda baru bisa melakukan penyemaian jahe merah dalam peti kayu. Letakkanlah bakal bibit selapis pada bagian dasar peti kayu tersebut. setelah itu, anda bisa memberikan sekam padi atau abu gosok di atasnya. Demikian hal tersebut seterusnya dilakukan. Setelah dua hingga 4 minggu bibit jahe merah tersebut telah siap untuk di semai.